Review ASUS Designo Curve MX38VC: Monitor Lengkung dengan Desain Minimalis dan Fitur Komplit

Tidak hanya muncul di perangkat TV, seiring perkembangan teknologi panel layar lengkung kini bisa ditemukan di perangkat monitor untuk PC. Salah satunya adalah ASUS Designo Curve MX38VC yang baru saja diluncurkan ASUS Indonesia beberapa waktu lalu. Selain panel layar lengkung, menurut ASUS keunggulan lain yang ditawarkan oleh monitor ini adalah fiturnya yang sangat lengkap.

Sekomplit apa fitur-fitur dan kecanggihan yang ditawarkan ASUS Designo Curve MX38VC ini? Simak ulasan kami sebagai berikut.

Desain minimalis dan premium

Saat pertama kali berjumpa dengan ASUS Designo Curve MX38VC, kami langsung terpukau dengan desainnya yang sangat minimalis dengan mengadopsi desain tanpa bingkai. Bahkan tidak terlihat satu pun tombol di monitor ini.

Untuk navigasi, ASUS menempatkan sebuah tombol D-Pad untuk akses menu yang disembunyikan tepat di bagian bawah panel layarnya. Secara keseluruhan kesan premium sangat terasa di monitor yang berukuran 37.5 inci ini. Ditempatkan di ruangan kerja di kantor atau di rumah, ASUS Designo Curve MX38VC dijamin pasti akan menjadi pusat perhatian.

Konektivitas lengkap

Untuk menjaga tampilannya agar tetap terlihat minimalis dan rapih semua port konektivitasnya ditempatkan di bagian belakang bodi dan dilindungi oleh panel penutup. Panel penutupnya ini bisa dilepas pasang dengan mudah dan Anda akan langsung menjumpai sederetan port konektivitas. Semua port konektivitasnya dirancang menghadap ke bawah agar lebih terlihat rapih, tapi ini menjadikan akses ke setiap port tersebut menjadi agak sulit dijangkau.

Untunglah ASUS Designo Curve MX38VC membawa sederetan port konektivitas yang sangat lengkap. Konektivitasnya ini mencakup DisplayPort 1.2, 1 port USB-C, 2 input HDMI, 2 port USB 3.0, dan jack audio. Selain konektivitas fisik ASUS juga melengkapinya dengan konektivitas Bluetooth.

Dilengkapi fitur isi ulang nirkabel

Satu fitur yang cukup mencuri perhatian dari desain ASUS Designo Curve MX38VC adalah hadirnya dukungan pengisian baterai secara nirkabel. Bagian kaki penampang ASUS Designo Curve MX38VC yang transparan ini adalah alas pengisian baterai nirkabel dengan standar Qi Wireless.

Alas tersebut mendukung isi ulang baterai cepat dengan output daya hingga 15W. Jadi, jika smartphone Anda telah mendukung isi ulang baterai nirkabel, ASUS Designo Curve MX38VC bisa menjaga meja kerja Anda untuk selalu rapih tanpa perlu harus banyak kabel yang bersliweran di atas meja.

Sangat nyaman di mata

Wajib diketahui secara natural penglihatan mata normal manusia menangkap visual secara melengkung dengan radius lengkung yang setara 1000R. Nah, ASUS Designo Curve MX38VC datang dengan panel layar IPS yang radius lengkungnya 2300R. Cukup mendekati radius lengkung kemampuan mata normal.

Jika dilihat sekilas panel ASUS Designo Curve MX38VC memang tidak terlihat terlalu melengkung. Tapi, dari pengujian kami radius lengkungnya yang tidak terlalu ekstrim ini terbukti berhasil menyajikan pengalaman visual yang lebih nyaman di mata. Berkat menggusung panel layar IPS kami juga tidak merasakan adanya distorsi saat melihatnya dari berbagai sudut.

Walau begitu, bagi yang belum terbiasa mungkin akan merasa sedikit pusing saat pertama kali menggunakan monitor ini. Menurut kami cukup wajar, namun saat mata sudah mulai beradaptasi Anda akan merasakan pengalaman visual yang sangat berbeda jika menggunakan monitor dengan layar datar.

Anda pun tidak akan merasa cepat lelah saat menatapnya dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, ASUS telah melengkapinya dengan fitur ASUS Eye Care. Fitur ini mencakup teknologi flicker free atau bebas kedipan dan dukungan filter Blue Light untuk mengurangi pancaran sinar biru yang bisa membahayakan mata.

Keunggulan lain yang ditawarkan ASUS Designo Curve MX38VC adalah resolusi layarnya yang tinggi. Monitor ini hadir dengan resolusi 4K 3840 x 1600 pixel yang rasio aspeknya 21:9. Visual yang tersaji di layarnya sangat sedap dipandang dengan tingkat ketajaman dan akurasi warna yang tergolong baik. Cocok untuk menonton film hingga mendukung produktivitas sehari-hari seperti mengolah dokumen, browsing dan menyunting video. Berkat layarnya yang lebar kami pun bisa semakin dipermudah saat melakukan multitasking. Kendati demikian, monitor ini bukanlah pilihan yang ideal untuk bermain game.

Untuk mendongkrak tampilan visual di layarnya ASUS pun menyediakan fitur ASUS SplendidPlus teknologi yang menyediakan beragam mode pengaturan menyesuaikan kebutuhan Anda. Mode yang tersedia diantaranya mode Reading, Darkroom, Scenery, Standard, Theater, sRGB, Game dan Night View.

Audio jempolan

Sektor audio juga tidak luput mendapat perhatian dari ASUS. Untuk menghadirkan pengalaman audio yang memanjakan telinga ASUS Designo Curve MX38VC membawa sepasang speaker stereo berkekuatan 10W RMS dengan teknologi ASUS SonicMaster yang diracik ASUS menggandeng pabrikan audio Harman Kardon. Hasilnya, ASUS Designo Curve MX38VC mampu menghasilkan kualitas suara jempolan dengan sauara yang jernih dan gebukan bass yang terasa bertenaga di atas rata-rata speaker internal monitor pada umumnya.

Berkat dukungan konektivitas Bluetooth, bahkan Anda bisa menghubungkan smartphone ke ASUS Designo Curve MX38VC untuk mendengarkan musik. Speakernya tersebut tetap bisa digunakan untuk mendengarkan musik meski monitor ini dalam mode standby. Beragam mode pengaturan suara pun tersedia untuk mengoptimalkan output suaranya seperti misalnya mode Music, Movie, Gaming dan pengaturan secara manual yang bisa disesuaikan sesuai selera.

Kesimpulan

ASUS Designo Curve MX38VC adalah monitor dengan layar lengkung yang menawarkan desain minimalis, fitur segudang, audio impresif dan kualitas visual yang jempolan. Dengan fitur dan teknologi yang dibawanya cukup wajar jika ASUS membanderol monitor ini dengan harga yang tidak murah. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 24 jutaan Rupiah, monitor ini wajib dilirik untuk para eksekutif muda dan para profesional berkocek tebal yang gemar multitasking dan menikmati konten multimedia.

Yang Canggih:
+ Desain minimalis dan premium
+ Konektivitas lengkap
+ Dilengkapi Qi Wireless
+ Ketajaman dan warna baik
+ Nyaman di mata
+ Audio sangat baik
+ Dilengkapi Bluetooth untuk terhubung ke smartphone

Yang Kurang:
+ Harga relatif mahal
+ Port konektivitas agak sulit dijangkau

 

Monitor dengan layar lengkung yang menawarkan desain minimalis, fitur segudang, audio impresif dan kualitas visual yang jempolan.

 

Go to Source

Sending
User Review
0 (0 votes)