[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy A30


Samsung baru-baru ini mengumumkan duo smartphone terbarunya yang termasuk dalam keluarga A-series, yakni Galaxy A30 dan Galaxy A50. Keduanya tampil cukup menggiurkan di kelas menengah dengan banderol harga yang lumayan kompetitif.

Selama beberapa hari ke belakang, kami berkesempatan mencoba salah satu smartphone tersebut untuk sekadar menyimpulkan kesan pertama yang kami dapat. Produk yang kami uji adalah Galaxy A30. Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya:

Desain ramping dengan balutan warna biru menawan

Bukan Samsung namanya jika tidak menampilkan kualitas rancang bangun yang amat baik pada smartphone garapannya. Tidak hanya itu, dari segi desain Galaxy A30 juga sedap dipandang.

Meski materialnya tidak mewah, Galaxy A30 dibalut dengan warna biru muda yang unik dan jarang ditemui pada smartphone lainnya. Ketika terkena cahaya, warna biru pada bodi bagian belakang memberikan efek pantulan menawan.

Pada bagian belakang ini pula Samsung menempatkan sensor sidik jari. Berbeda dengan saudaranya, Galaxy A50, yang sudah memiliki sensor sidik jari tersembunyi di dalam layar. Tidak heran karena harga jualnya memang terpaut lumayan jauh.

Namun dari segi ukuran, Galaxy A30 memiliki dimensi yang bisa dibilang nyaris identik dengan Galaxy A50. Bezelnya tipis sehingga tetap terasa ramping dan mudah dioperasikan dengan satu tangan, meski ukuran layarnya cukup besar, yakni 6,4 inci.

Sedikit membahas layarnya, ini adalah bagian yang paling kami suka saat pertama kali menggenggam Galaxy A30. Samsung sudah membenamkan panel Super AMOLED dengan resolusi tajam Full HD+, yang menawarkan tingkat kecerahan memukau meski Anda menggunakannya di bawah terik matahari. Layar ini juga telah mendukung fitur Always-On Display untuk selalu menampilkan informasi seperti tanggal, jam, maupun notifikasi.

Perlu diketahui bahwa Samsung menyebut layar pada Galaxy A30 dengan nama Infinity-U. Maksud dari Infinity-U di sini adalah desain poni minimalisnya yang memang mirip huruf U. Pada bagian poni ini, Anda akan menemukan kamera selfie 16 megapixel f/2.0.

Selain itu, Galaxy A30 juga hadir dengan tiga slot yang terdiri dari dua untuk SIM-card dan satu khusus untuk microSD. Asyiknya lagi, port yang digunakan sudah USB Type-C.

Kamera cukup menjanjikan

Samsung Galaxy A30 mengusung SoC Exynos 7904 octa-core dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh, lengkap dengan dukungan fast charging 15W. Meski baterainya besar, ternyata tidak membuat smartphone ini tampak tebal dan berat.

Galaxy A30 menawarkan konfigurasi kamera belakang yang berbeda dengan saudaranya. Anda akan menemukan sensor utama 16 megapixel f/1.7 yang sudah didukung PDAF, dan sensor 5 megapixel dengan lensa ultra-wide f/2.2.

Meski di atas kertas kurang superior dibanding Galaxy A50, ternyata hasil jepretan kameranya tetap terlihat cukup baik terutama di kondisi dengan cahaya yang memadai. Berikut kami sajikan beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Galaxy A30 di hari peluncurannya pekan lalu:

Hasil Kamera Galaxy A30 (2)

Hasil Kamera Galaxy A30 (4)

Hasil Kamera Galaxy A30 (3)

Hasil Kamera Galaxy A30 (1)

Kesimpulan awal

Semua smartphone Samsung yang rilis di Indonesia pada awal tahun 2019 ini, terutama di kelas menengah ke bawah, dirancang dengan konsep yang jauh lebih menarik dibanding produk-produk mereka di kisaran harga yang sama tahun lalu.

Samsung tampaknya terlihat lebih serius untuk menyaingi serbuan smartphone dari merek china yang sudah membanjiri pasar kelas 2-4 jutaan rupiah di Tanah Air. Ini terlihat dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Galaxy A30, termasuk juga dua produk lainnya yakni Galaxy A50 dan Galaxy M20, yang menurut kami cukup menggiurkan.

Kesan pertama kami terhadap Galaxy A30 amat positif. Dengan banderol Rp3.399.000, smartphone ini layak masuk dalam daftar belanja Anda. Tapi jika Anda masih ragu dan penasaran, tunggu saja review lengkap Galaxy A30 dari Yangcanggih.com dalam waktu dekat!

Spesifikasi Samsung Galaxy A30
Layar Super AMOLED Infinity-U 6,4 inci Full HD+
SoC Exynos 7904 octa-core
RAM 4 GB
Memori internal 64 GB
Kamera belakang 16 megapixel f/1.7 + 5 megapixel ultra-wide
Kamera depan 16 megapixel f/2.0
Sistem operasi Android 9.0 Pie
Baterai 4.000 mAh dengan fast charging 15W
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, USB Type-C
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 158.5 x 74.7 x 7.7 mm (berat 165 gram)

Artikel [Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy A30 pertama kali terbit di YANGCANGGIH.COM. Untuk informasi gadget dan teknologi tercanggih, kunjungi YANGCANGGIH.COM.



Go to Source