5 Aplikasi Desktop Populer Menggunakan Electron JS Framework

Revolusi Digital membuat zaman menjadi semakin mudah dan cepat termasuk membangun aplikasi dan situs web menjadi lebih mudah setiap hari.

Electron JS jelas merupakan bagian dari revolusi ini . Apa itu Electron dan aplikasi mana saja yang menggunakannya.

Apa itu Electron JS?
Electron adalah kerangka kerja (framework) untuk membuat aplikasi desktop dengan teknologi JavaScript, HTML dan CSS. JS pada sandingan nama Electron sendiri merupakan singkatan dari Java Script. Kode pemrograman terpopuler dan paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi saat ini.

Pada dasarnya, kerangka kerja Electron menangani bagian-bagian yang sulit sehingga Anda dapat fokus pada inti aplikasi dan merevolusi desainnya.

Dirancang sebagai kerangka kerja open-source, Electron menggabungkan teknologi web terbaik dan merupakan lintas-platform – yang berarti mudah kompatibel dengan Mac, Windows, dan Linux.

Muncul dengan pembaruan otomatis, menu asli, dan notifikasi serta pelaporan kerusakan, debugging, dan profil.

5 Aplikasi Desktop Terkenal Menggunakan Electron JS Framework

Apa alasan banyak perusahaan hebat menggunakan kerangka kerja Elektron?

Bagi banyak pengembang, cara terbaik untuk memahami Electron JS adalah melihatnya dalam praktik. Untuk itu, kami mendaftar aplikasi desktop paling populer menggunakan kerangka kerja di bawah ini.

1. WordPress

Sebagai raja sejati sistem manajemen konten (CMS-Content Management System). WordPress layak mendapatkan versi desktop yang andal dan otomatis.

Berkat Electron, ia masuk ke daftar aplikasi desktop menggunakan Electron – sebagai kerangka kerja open-source yang membantu pengguna mengelola konten WordPress.

WordPress versi PC/Desktop adalah sesuatu yang sama sekali baru – aplikasi desktop menggunakan kerangka kerja Electron memberikan pengalaman lintas platform yang mulus, memungkinkan pengguna untuk fokus pada konten dan desain mereka tanpa tab peramban yang bertindak sebagai gangguan.

Mengapa WordPress Desktop menggunakan Elektron?

Di-hosting secara lokal dan dengan waktu buka minimal, WordPress Desktop adalah aplikasi desktop yang menggunakan Electron sebagai kerangka kerja, dan JavaScript menggunakan React sebagai bahasa utama dalam teknologi desktop yang muncul ini.

2. Ghost

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Ghost, Anda bukan satu-satunya. Pada dasarnya, Ghost adalah platform sumber terbuka (Open Source) sepenuhnya yang memungkinkan pengguna membangun dan menjalankan publikasi online modern.

Dari blog hingga majalah dan jurnal, Ghost sepenuhnya dapat dikembangkan dan memiliki dampak nyata pada masa depan media online.

Itu sebagian besar karena pengalaman yang lebih sederhana dan lebih fokus untuk menulis, jelas merupakan produk kerangka kerja JavaScript di antara teknologi lainnya.

Mengapa Ghost Desktop menggunakan Elektron?

Ghost Desktop adalah aplikasi desktop yang menggunakan Electron JS yang memungkinkan penulis mengelola beberapa blog sekaligus, dan fokus pada tulisan mereka. Jika Anda seorang penulis, Anda mungkin tahu bahwa hal-hal sederhana seperti pintasan saat menulis sulit diwujudkan dalam browser. Namun, aplikasi Ghost Desktop membuatnya lebih mudah dari sebelumnya.

Menggunakan JavaScript dan Node.js di backend dan frontend, Ghost Desktop adalah salah satu aplikasi yang dibangun di atas Electron dan yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

3. Browser Beaker

Mencari peramban web peer-to-peer yang andal?

Jika ya, Anda baru saja menemukannya. Beaker Browser adalah browser partisipatif yang dirancang untuk hacker.

Awalnya dirancang sebagai produk yang dapat diretas, Beaker Browser menggeser Web ke format open-source dan memungkinkan peretas, modder, dan tipe kreatif memanfaatkan sebagian besar keterampilan digital mereka.

Mengapa Beaker Browser menggunakan Elektron?

Kerangka elektron membuat bangunan Beaker jauh lebih mudah. Sebagai toolkit untuk membuat browser, ia membantu proses perancangan Electron dengan iterasi minimal dan dengan cara sebaik mungkin.

Singkatnya, Beaker Browser adalah browser untuk situs web open-source dan solusi yang membuat peretasan sosial lebih mudah dan lebih baik daripada sebelumnya.

4. Pexels

Bagi banyak penulis, perancang, dan penerbit, Pexels adalah penyelamat hidup. Sebagai platform yang mengemas ribuan gambar stok bebas-royalti, itu pasti membutuhkan peningkatan. Dan itulah bagaimana aplikasi Pexels Desktop lahir, jelas dibangun dengan Electron JS.

Mengapa Pexels Desktop menggunakan Elektron?

Aplikasi ini memudahkan untuk menyalin foto ke clipboard Anda – hanya dengan satu klik. Kemudian, Anda dapat menempelkan foto ke aplikasi apa pun dan menggunakannya sebagai stok gambar untuk artikel, infografis, atau posting media sosial Anda.

Tidak ada unduhan berarti tidak ada masalah, dan menemukan foto baru itu mudah berkat aplikasi Pexels Desktop.

5. WhatsApp

Satu lagi di jajaran aplikasi desktop populer yang menggunakan Electron adalah WhatsApp – aplikasi kirim pesan instan yang paling banyak diunduh.

Mengapa WhatsApp Desktop menggunakan Elektron?

Bekerja lebih sedikit dan menyediakan lebih banyak, kerangka kerja Elektron membantu pengembang WhatsApp untuk menutup semuanya dalam biaya tunggal dan membungkus pengalaman desktop WhatsApp melalui kerangka kerja yang lebih ramping dan merevolusi – Elektron.

Kesimpulan

Pada akhirnya, ada banyak alasan untuk menggunakan Electron sebagai kerangka kerja desktop Anda.

Yang paling penting jelas adalah transisi cepat ke lingkungan desktop, yang memungkinkan pengembang pengalaman terintegrasi yang mulus.

Dengan runtime yang ditingkatkan dan integrasi yang hebat dengan JavaScript dan Node.js, Electron JS membuat keduanya merancang aplikasi desktop dan mempertahankannya di lintas platform lebih mudah dan lebih baik.

//BrainHub